Kamis, 06 Juni 2013

E-Commerce Yamaha Music Indonesia

Pengertian E-Commerce atau definisi e-commerce adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, dll.

Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.

 

Disini saya akan mengambil contoh E-Commerce milik Yamaha music Indonesia dengan alamat web id.yamaha.com. dalam Web ini kita bisa mendapatkan informasi-informasi yang sangat detail tentang produk-produk yang dimiliki Yamaha music. seperti :

                        - Spesifikasi Alat musik

                        - Music Production Tools

                        - Professional Audio

                        - Audio Visual

selain informasi mengenai produknya di web ini yamaha juga memberikan informasi mengenai Sekolah musik yang mereka bina, lokasi penjualan resmi Yamaha Music, berita dan kegiatan mereka, musisi yang menggunakan alat musik mYamaha secara khusus. Jadi, melalui web E-Commerce yang mereka miliki ini, mereka dapat memberikan informasi yang sangat lengkap kepada pengunjung web ini. Tapi, satu kekurangan dari web ini adalah tidak disediakan nya aplikasi untuk melakukan pembelian secara on-line. jadi, para konsumen harus tetap membeli alat musik yang meraka inginkan di tempat penjualan resmi Yamaha.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar